Tetap Bugar Dengan Tips Puasa Berikut

Tips tetap sehat dan bugar selama bulan puasa. Tiap orang tentu saja ingin memiliki tubuh yang sehat, apalagi jika kamu sedang berpuasa. Berpuasa ketika tubuh sedang tidak fit bisa sangat mengganggu aktivitas ketika berpuasa. Karena itu, buat kamu yang ingin tetap sehat ketika berpuasa namun tetap produktif, berikut beberapa tips puasa dan hal yang harus kamu lakukan agar tetap fit saat berpuasa.

Penuhi Kebutuhan Air Putih Di Tubuh Anda

Tips Puasa pertama yang harus kamu perhatikan adalah, pastikan untuk memenuhi asupan air dalam tubuhmu setelah berbuka hingga sahur. Untuk orang dewasa, sangat dianjurkan untuk minum sebanyak 2 liter air putih agar tubuh tidak lemas ketika saat berpuasa. Kamu juga akan terhindar dari dehidrasi ketika berpuasa jika cairan tubuh terpenuhi.

Jangan Bermalas – Malasan

Ketika berpuasa, pastikan untuk menghindari malas – malasan. Meskipun tubuh tidak memiliki asupan selain saat sahur, namun akan sangat lebih baik jika kamu bahkan melakukan aktivitas fisik dirumah, seperti berjalan kaki, atau olahraga – olahraga ringan. Berolahraga ringan bisa meningkatkan kebugaran tubuh jika kamu lakukan pada waktu yang tepat. Pastikan juga untuk menggunakan jersey dari kaosfullprinting agar kamu tetap nyaman ketika berolahraga saat puasa.

Kegiatan ini selain menyehatkan juga bisa menghilangkan rasa lapar. Namun pastikan untuk tidak berlebihan dan tetap jaga energy anda hingga waktu berbuka datang.

Baca Juga: Ini Olahraga Saat Puasa Yang Cocok Untuk Dilakukan

Hindari Makan Berlebihan Setelah Berbuka

Kebanyakan orang mungkin akan makan secara berlebihan saat berbuka puasa. Namun hal ini juga bisa membuat anda merasa kembung, kelelahan dan mengantuk. Makanlah secukupnya dan lakukan hal ini setiap hari ketika bulan Ramadhan agar tubuh tetap fit setelah berbuka.

Konsumsi Protein

Asupan tubuh akan berkurang drastic ketika berpuasa, bukan hanya membuat tubuh jadi idak bertenaga dan lemas, hal ini juga bisa membuat massa otot dalam tubuh menyusut. Konsumsi makanan – makanan berprotein tinggi ketika berbuka dan makan sahur. Makanan seperti dada ayam atau yogurt memiliki protein tinggi yang bisa menjaga massa otot tubuh.

Konsumsi Makanan Alami

Tips tetap fit ketika berpuasa selanjutnya adalah memakan – makanan alami, seperti buah – buahan, sayur, dan daging sapi atau ayam yang bukan olahan. Memakan makanan alami ketika berbuka dan sahur bisa mengurangi resiko penyakit jantung, kanker dan penyakit kronis lainnya.

Hindari Makanan dan Minuman Manis Secara Berlebihan

Daripada makanan yang terlalu manis, akan lebih baik jika anda mengonsumsi makanan dengan karbohidrat tinggi seperti nasi, kentang dan pasta agar tidak lemas ketika puasa. Makanan manis seperti kue dan minuman manis memang bisa memberikan energy, namun hanya sementara. Energy dari makanan manis hanya bisa bertahan kurang lebih selama 2 jam.

Hindari Makanan Berminyak

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, berbuka dengan gorengan merupakan hal yang sangat simple namun juga sangat nikmat karena bisa ditemukan dimana saja. Namun meskipun nikmat, memakan gorengan secara berlebihan tentu saja tidak sehat. Selain meningkatkan kolesterol, makan gorengan ketika berbuka atau sahur akan membuat tubuh cepat haus. Boleh saja makan gorengan namun jangan berlebihan.

Tidur Yang Cukup dan Lebih Awal

Mengantuk merupakan hal biasa yang dialami oleh orang yang berpuasa. Bukan hanya karena kurangnya asupan makanan, kurang tidur karena harus bangun lebih awal untuk makan sahur juga bisa menjadi alasan kenapa kita sering mengantuk saat berpuasa. Pastikan untuk tidur lebih awal untuk memenuhi waktu tidur mu, dan jiga memiliki kesempatan untuk tidur siang sebentar maka gunakan agar tubuh tetap bugar dan jam tidur tetap berkualitas.

Lihat Ini: Konveksi Baju Bandung

Tingkatkan Produktifitas Dengan Jersey Dari KaosFullPrinting!

Itulah 8 tips puasa ampuh agar tubuh tetap fit dan produktif di bulan Ramadhan. Memang beraktifitas ketika tidak ada asupan sangatlah sulit, namun jika kamu mengikuti tips tersebut, sudah pasti kamu akan tetap bugar saat berpuasa. Selain itu, buat kamu yang sedang dalam pengobatan, akan lebih baik untuk selalu berkonsultasi dengan dokter agar tidak muncul komplikasi ketika sedang berpuasa. Jangan lupa untuk beli jersey custom untuk kegiatan olahraga mu di kaosfullprinting dan rakeansublime!.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Add to cart